Bantuan Darurat dan Pemberdayaan Ekonomi | Pengembangan Masyarakat | Pendidikan | Kesehatan | Bantuan Keluarga

 

 

Kesehatan

Pengawasan Malaria, Kalimantan Tengah (YUM)

Susila Dharma beneficiary

Akhir 2007, YUM memulai program tiga tahunan senilai 250,000 euro untuk mengatasi penularan malaria di Kalimantan Tengah. Terima kasih atas bantuan dana dari Pemerintah Jerman dan Susila Dharma German, YUM bertujuan mengurangi penyebaran malaria sampai 50% di enam desa di wilayah tersebut.

Malaria tersebar luas di Kalimantan Tengah dengan hampir dua pertiga penduduk di wilayah tersebut tertular. Sebagai salah satu daerah termiskin di Indonesia, akses kesehatan juga terbatas.

Program ini dirancang untuk mengidentifikasi dan mengobati malaria di wilayah tersebut. Ini termasuk mendirikan pos-pos pengawasan malaria yang cukup di setiap desa dan pendistribusian obat-obatan untuk menanggulangi malaria.  Yang paling penting, program ini juga memasukkan sejumlah aspek pencegahan. Ini terdiri dari kampanye terus menerus untuk meminimalisasi penyebaran sebagaimana pencegahan seperti pengasapan di daerah endemis dan pembagian kelambu.

Proyek ini merupakan yang pertama di Kalimantan Tengah dan meliputi pelatihan yang luas sebagai pencegahan, identifikasi dan pengobatan malaria terhadap anggota masyarakat sehingga tugas ini dapat dilanjutkan setelah program tiga tahun ini selesai. Untuk memastikan keberlangsungan proyek, YUM bekerja sama dengan petugas kesehatan dan pemerintah setempat.

Proyek Air Bersih, Kalimantan Tengah (YUM)

Kurangnya akses untuk mendapatkan air bersih merupakan masalah utama bagi sebagian besar penduduk di Kalimantan Tengah. Bagi sebagian penduduk, air yang digunakan untuk minum dan mencuci berasal dari genangan air yang tidak bersih sehingga menyebabkan penyakit dan infeksi.

Program Air Bersih YUM bertujuan memberantas hal ini dengan menyediakan infrastruktur yang dibutuhkan untuk mengembangkan sumber air bersih. YUM bekerja dengan masyarakat setempat dalam merancang dan membuat tanki air, pompa dan pipa yang akan mengalirkan air bersih ke pedesaan. Setelah kontruksi lengkap, YUM mengangkat anggota masyarakat untuk bertanggungjawab dalam pelaksanaan manajemen dan keuangan.

YUM telah mengerjakan proyek ini dengan sejumlah komunitas di Kalimantan Tengah dan masing-masing berhasil menangani sumber air bersih sendiri. Dengan bantuan para donatur, YUM berharap dapat membantu penduduk setempat untuk mendapatkan akses air bersih.