Bantuan Darurat dan Pemberdayaan Ekonomi | Pengembangan Masyarakat | Pendidikan | Kesehatan | Bantuan Keluarga

 

 

Pendidikan

 

PROGRAM PENDIDIKAN YAYASAN SAUDARA SEJIWA (YSS)

Program Penyelenggaraan Pendidikan Non Formal melalui Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM)

Merupakan pusat kegiatan yang menyediakan akses informasi dan aktifitas-aktifitas pembelajaran sepanjang hidup bagi setiap anggota masyarakat di wilayah binaan  Saudara Sejiwa Foundation. Dengan adanya PKBM diharapkan masyarakat tersebut lebih kuat dengan program pembelajaran yang partisipatif dan pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat itu sendiri. Disamping itu, untuk memberikan akses yang mudah bagi anak, keluarga dan warga lain pada umumnya yang karena sesuatu hal tidak bisa melanjutkan ke jenjang pendidikan formal, maka bisa mengkuti pendidikan non formal yang disediakan oleh PKBM Saudara Sejiwa Foundation.

Kegiatan-kegiatan PKBM Saudara Sejiwa :

  • Pendidikan kesetaraan : Setara TK, Setara SD, Setara SLTP dan Setara SMU  (gratis)
  • Keaksaraan Fungsional, dikhususkan bagi warga/ masyarakat yang tuna aksara (gratis)
  • Tutorial /Bimbingan Belajar (gratis)
  • Kursus Komputer, B.Inggris, B.Jepang, dll. (gratis)

Sampai tahun 2010 Total jumlah warga belajar yang terlayani melalui program pendidikan formal adalah sebagai berikut :

Tabel. Jumlah Warga Belajar Pendidikan Non Formal PKBM Saudara Sejiwa

No
Jenis Program
Jumlah Warga Belajar
Jumlah WB Lulus
Keterangan
1
PAUD/ Play Group
152
47
47 anak masih belajar
2
Setara SD/
Pak. A
40
20
20 org masih belajar
3
Setara SLTP/
Pak. B
60
43
4
Setarta SMU/
Pak. C
40
32
5
Keaksaraan Fungsional
430
Ibu-ibu tuna aksara


Dan mulai tahun 2009 s.d sekarang YSS mengembangkan program penguatan kapasitas perempuan yang termajinalkan dalam bentuk pendidikan berkala selama 3 bulan dengan materi-materi seperti :  Materi Ham & Gender, Strategi Pencegahan KDRT, Manajemen Keluarga, dll. Adapun para pematerinya merupakan praktisi dan akademisi yang ahli dibidangnya.


 

Perpustakaan Anak-Anak dan Pusat Belajar (YUM)

Mahalnya harga buku, perpustakaan sekolah yang kurang memadai serta perpustakaan umum yang jarang menunjukkan akses buku di Indonesia yang rendah. YUM tertarik dengan membuat program membaca adalah bagian dari hiudp sehari-hari, terutama bagi anak-anak. Perpustakaan Anak-Anak bertujuan untuk menyediakan akses membaca bagi anak-anak dan orang tua serta kesempatan untuk meningkatkan kemampuan membaca yang akan memperluas wawasan mereka. YUM menjalankan program ini di Jawa Barat, Aceh dan Kalimantan Tengah, dimana semua orang tanpa memandang usia menikmati kesenangan dan manfaat membaca. Anak-anak juga dapat berpartisipasi dalam kegiatan di perpustakaan yang dirancang menimbulkan kesan bahwa belajar itu menyenangkan.

Program Beasiswa Pendidikan (YUM)

Small kid

YUM menyediakan 3 macam program beasiswa untuk mendorong partisipasi pendidikan, yaitu beasiswa sekolah, beasiswa Desa Anak-Anak (DAA), dan beasiswa Talent Development. Beasiswa sekolah ditujukan bagi anak-anak berusia 6-18 tahun di Jakarta, Cipanas, Jawa Barat dan Kalimantan Tengah. Sponsor beasiswa ini menyediakan bantuan keuangan untuk menanggung buku-buku, peralatan, seragam dan uang sekolah di sekolah setempat. Keluarga yang mensponsori anak-anak secara teratur dikunjungi tenaga lapangan YUM dan wajib menunjukan komitmen pendidikan dengan memperlihatkan absensi dan hasil rapor yang bagus.

Beasiswa Desa Anak-Anak meliputi biaya hidup di DAA dan pendidikan di sekolah negeri setempat. Semua anak yang tinggal di DAA menerima makanan, pakaian dan tempat tinggal dengan bantuan dan dukungan staff DAA yang profesional. Tempat ini merupakan rumah bagi lebih 50 anak usia sekolah di wilayah Jawa Barat.

Program beasiswa Talent Development Scholarships menawarkan kesempatan bagi para intelektual Indonesia yang berasal dari keluarga kurang mampu untuk mengikuti pendidikan tingkat universtitas. Beasiswa meliputi biaya pendidikan dan hidup selama kuliah. Setelah menyelesaikan pendidikan, penerima dapat menjalankan kontrak kerja selama dua tahun dengan YUM yang memberikan pengalaman berharga dan merupakan akses sumber daya manusia yang berkualitas.

Sekolah Bina Cita Utama, Kalimantan Tengah (BCU)

Sekolah dwibahasa dan multikultur ini didirikan tahun 2005 dengan visi mengembangkan lingkungan pembelajaran berkualitas tinggi yang akan mendidik dan mengasuh anak-anak sehingga setelah dewasa mereka dapat memberikan kontribusi yang positif bagi pengembangan masyarakat dan dunia. 

Sekolah yang berlokasi di Kalimantan Tengah ini berdasarkan kepercayaan bahwa sebuah sekolah mewakili kontribusi yang paling berarti dalam membentuk manusia yang maju di wilayah tersebut.

Sekolah Cita Buana, Jakarta (SCB)

Didirikan pada tahun 1995 di Jakarta, menggabungkan kurikulum dari  Indonesia dan Australia. Sekolah ini juga menerima murid dengan kebutuhan khusus dan pusat belajar yang menyenangkan bagi siswa serta bagi mereka yang memiliki kebutuhan khusus dapat berintegrasi dengan kehidupan sekolah. Pusat pendidikan kebutuhan khusus ini menerima sejumlah pelajar, mulai dari penyandang autis sampai mereka yang memiliki inteletual tinggi.  Perbandingan antara guru dan murid adalah 1:3.