PERUBAHAN SUHU BUMI SETIAP TAHUN

Saat ini bumi kita dalam kondisi mengkawatirkan, global warming menyebabkan perubahan iklim bumi dan berdampak pada penurunan kualitas udara, air, dan tanah. Hal ini tentunya merupakan dampak terstruktur industrialisasi produk kebutuhan manusia dari produk pangan, sandang, dan papan hingga kebutuhan turunan lainnya yang penerapannya masih kurang sempurna dalam memperhatikan lingkungan, seakan melupakan bahwa bumi yang tidak hanya dimiliki oleh manusia saja. Eksistensi makhluk lain salah satunya yaitu tumbuhan dengan ekosistem kompleksnya yaitu hutan hampir dan telah sebagaian dilupakan fungsinya dan secara berangsur-angsur tergerus oleh kebutuhan manusia.

Alih fungsi lahan, kebakaran hutan, serta kebijakan yang tidak mendukung lingkungan memberikan dampak yang menyesengsarakan manusia saat ini dan dikemudian hari. Banjir, polusi udara dan berbagai dampak buruk lainnya akan terus meningkat jika tidak ada tindakan pencegahan sedari sekarang. Padahal hutan adalah bagian dari kita manusia, bahwa hutan adalah salah industri besar yang diciptakan Tuhan YME untuk memenuhi kebutuhan dasar manusia untuk menghirup udara dan meminum air yang telah dimurnikan yang saat ini kita istilahkan sebagai proses alam.

Hutan sebagai regulasi iklim yang turut membantu menstabilisasi iklim global dan membantu penyerapan karbondioksida dari atmosfer, serta fungsi khususnya yaitu penghasil oksigen, mengatur siklus air, pengendali erosi tanah, dan menjadi habitat dari keanekaragaman hayati makhluk hidup.

Translate »
Title of the document